Minggu, 07 Maret 2010

Pengertian Paper

Paper yang dimaksud disini sebuah tulisan ilmiah yang seringkali erat kaitannya dengan dunia pendidikan atau penelitian. Bagi yang masih berkutat dengan dunia perkuliahan, seringkali kita mendapatkan tugas untuk membuat paper dari dosen kita (seperti yang saya alami sekarang,hehehe).Atau mungkin bagi yang akan maju ujian tugas akhir, thesis atau disertasi, kita perlu membuat paper sebagai resume (atau bahkan bagi yang akan membuat proposal tugas akhir, bisa digunakan untuk menuangkan ide kita).

Termasuk bagi peneliti atau dosen yang ingin melakukan publikasi juga dituntut untuk membuat paper. Lalu bagaimanakah cara membuat paper yang baik ?
Paper terdiri dari beberapa bagian (intinya berisi hal-hal berikut, tidak menutup kemungkinan untuk menyelipkan bagian lain yang dianggap penting) :

1.Judul dan nama penulis beserta keterangan untuk penulis (institusi dan email jika ada, atau nomer registrasi mahasiswa dan email untuk tugas kuliah)
2.Abstract yang merupakan rangkuman dari paper kita
3.Introduction (pendahuluan), biasanya berisi hal-hal berikut (tulis garis besarnya saja) :
* deskripsi yang jelas tentang permasalahan (disebut juga dengan tujuan (purpose))
* Tunjukkan mengapa permasalahan ini penting, menarik, dan menantang (motivasi)
* Review yang singkat dan jelas mengenai penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penelitian kita (scope)
* Tunjukkan gap/masalah yang ada pada penelitian sebelumnya dan menjadi pertanyaan yang ingin kita selesaikan dalam penelitian kita (gap indication)
* Tulis dengan jelas solusi yang diusulkan (proposed approach) dan bagaimana ia bisa mengatasi gap yang kita sebutkan sebelumnya (solution)
* Tuliskan secara global penemuan yang dihasilkan (result)
* Tuliskan struktur penulisan bagian-bagian berikutnya (outline)
4.Related Work (penelitian-penelitian sebelumnya yang mendasari penelitian kita). Related work inilah yang nantinya akan kita tuliskan ke dalam daftar referensi.
5.Methodology (untuk bidang komputer atau penelitian yang ada hubungannya dengan komputer dapat menggunakan istilah system architecture). Jelaskan methodology yang digunakan, biasanya dijelaskan dengan bagan atau gambar untuk mempermudah pembaca memahami isi paper kita. Jelaskan pula deskripsi masing-masing bagian dalam gambar kita tersebut.
6.Experiment & result. Tuliskan eksperiment yang kita lakukan (data yang digunakan, jumlah data, sumber, dll) dan tuliskan hasil yang didapatkan beserta analisa dari hasil yang kita peroleh
7.Discussion. Tuliskan hal-hal yang ingin anda sampaikan dan isue yang menarik dari penelitian yang kita lakukan. Termasuk kesimpulan dan saran untuk penelitian kita lebih lanjut. Saran biasanya identik dengan future work.
8.Referensi, berisi semua referensi yang kita gunakan termasuk daftar paper di related work, buku atau resource yang mendukung yang kita gunakan untuk menyelesaikan penelitian kita.

Nah,sekian dulu nih...
Wassalam...

4 komentar:

Anonim 05.35.00  

thanx gan buat infonya..sangat bemanfaat...

Anonim 01.06.00  

hmmm, tq tq tq

Anonim 18.13.00  

email tugas itu kaya gimana gan??
institusi apa? contohnya yang begimana?
lalu kalo review itu maksud lebih jelasnya apa???
maaf yah banyak nanya soalnya baru pertama kali banget bikin tugas paper gan :D

Anonim 07.01.00  

mksx infonya :)

Posting Komentar

  © Blogger template 'Ultimatum' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP